YEP Sampling Untuk Yamaha PSR 2100 ?

Pagi ini saya dikejutkan ketika membaca sms yang masuk pada hp saya, yang berbunyikan seperti ini "Gan... ada yep untuk psr 2100 gak..." sontak saya heran sambil tersenyum membaca sms tersebut.

Sobat keyboardist yang mengirimkan sms ini mungkin belum memahami bahwa keyboardnya tidak dapat di install dengan file yep yang sekarang sedang marak digunakan pada keyboard yamaha psr s-series.

Sedikit informasi untuk para sahabatku yang masih belum memahami apa itu YEP yang merupakan kepanjangan Yamaha Expansion Pack, berikut ini garis besar yang saya ketahui adalah :

YEP itu merupakan teknologi terbaru dari pabrikan yamaha yang dibuat untuk melengkapi fitur dari keyboard terbaru yamaha dengan seri berikut ini : Yamaha PSR s950, s750, s970, s770, a3000, s670 

Dan mungkin kedepannya akan dimuncul seri keyboard yamaha teranyar yang juga menggunakan fitur ini, jadi dengan kata lain keyboard yamaha psr 2100 tidak dapat diinstall dengan yep. 

Maka sudah pasti keyboard psr 2100 tersebut tidak mengenai ekstensi YEP yang diantaranya berekstensi *.yep dan *.ppi 

Walaupun tidak dapat diinstall YEP, para pengguna yamaha PSR 2100 tidak perlu berkecil hati, dengan menggunakan style yang diperuntukkan untuk keyboard yamaha, baca : kumpulan style yamaha psr 2100 lengkap dengan song

Dapat anda pergunakan untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi, atau jika memiliki biaya yang cukup, modul eksternal sampling dapat menjadi alternatif untuk memperoleh hasil suara yang lebih real seperti aslinya.

Semoga sharing informasi ini dapat membantu para rekan pengguna keyboard yamaha psr2100.